Studi Banding di Kampung 3G, Desa Parerejo Kembali Bersemangat Menghidupkan Penghijauan di Desanya

Minggu (12/02), Kampung Glintung kembali dipadati oleh tamu dari PKK dan Dasawisma beserta Karang Taruna Bintang Gemilang RW 12, Dusun Ngaglik, Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi. Hujan gerimis yang mengguyur bumi Glintung di minggu pagi tidak menyurutkan semangat dan rasa ingin tahu dari warga Parerejo untuk menyusuri kampung penghijauan ini, meskipun mereka harus berteduh di bawah payung.

Antusiasme serta rasa ketertarikan warga dan karang tarunanya semakin terlihat ketika mendengarkan paparan dari Ketua RW 23, Ir. Bambang Irianto mengenai permasalahan kampung Glintung yang muncul di masyarakat sebelum ada perubahan hingga bagaimana proses membangun kampung Glintung Go Green sampai seperti ini. Rombongan yang + berjumlah 70 orang itu melihat bagaimana proses pengelolaan sampah yang dilakukan oleh kampung Glintung Go Green, pemanfaatan biopori, dan proses kerja dari sumur injeksi.

“Saya banyak belajar dari Kampung Glintung Go Green ini, nanti InshaAllah sedikit-sedikit akan mencoba memperbaiki Parerejo seperti 3G ini.”, ungkap Ketua RW 12, Bapak Abdul Misnari.

Ketua RW 12 berdialog dengan General Manager 3G

Kunjungan mereka ke greenhouse juga memunculkan keinginan di benak mereka, terutama ibu-ibu Dasawisma dan PKK untuk menghidupkan kembali greenhouse yang mereka miliki karena sudah lama terbengkalai dan tidak terurus. Menurutnya, area lahan kosong di Desa Parerejo cukup luas, namun sia-sia karena tidak dimanfaatkan secara optimal.

Rombongan Desa Parerejo sedang berkeliling melihat daerah kampung 3G

Ketua RW 23 sendiri sangat senang dengan adanya kunjungan dari Desa Parerejo karena dapat berbagi ilmu tentang penghijauan, “Saya sangat senang atas kunjungan dari Desa Parerejo ini, apalagi warganya sangat antusias dan bersemangat. Hal ini membuktikan bahwa setelah belajar dari kampung 3G ini mereka sangat ingin membangun desa mereka dengan melakukan gerakan penghijauan agar lebih baik kedepannya.”, tutur Ketua RW 23, Ir. Bambang Irianto. (Anggy Sapta Pradyka)

Artikel Terkait


Komentar