Satu Langkah Lagi, Bambang Irianto Raih Kalpataru

MALANG - Peluang Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro, Ir Bambang Irianto meraih penghargaan Kalpataru sangat besar, setelah Tim Verifikasi dan Validasi Penghargaan Kalpataru datang langsung ke Kampung Glintung Go Green yang selama ini dibangun Bambang Irianto.

Tim Verifikasi dan Validasi Penghargaan Kalpataru mengaku Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro, Ir Bambang Irianto, sangat luar biasa. Hal ini disampaikan setelah mendengarkan paparan perjalanan Kampung Glintung. Saat itupun bersamaan dengan kunjungan dari rombongan tim Lingkungan Hidup dari Mojokerto, Jumat (27/4), kemarin.

‘’Pak Bambang Irianto sungguh luar biasa,’’ kata Ahmad Junaedi, salah satu Tim Verifikasi dan Validasi Kalpataru, yang disambut tepuk tangan seluruh undangan yang memenuhi Joglo di RW 23 Purwantoro, kemarin.

Menurutnya, penilaian Kalpataru itu bukan hanya menilai personel Bambang Irianto dalam hal pembinaan terhadap masyarakat yang ada di lingkungannya. Juga bukan cuma hanya di lingkungan RW nya, tapi juga melakukan pembinaan terhadap kampung-kampung lain seperti Tangerang, di Kalimantan dan daerah-daerah lainnya.

Untuk hasil penilaian, Junaedi mengaku bukan haknya untuk menentukan apakah Bambang Irianto nanti berhak memperoleh penghargaan Kalpataru atau tidak. Pasalnya, ia hanya merupakan tim verifikasi dan validasi. Namun secara pribadi, pihaknya mengaku sangat luar biasa apa yang dilakukan seorang ketua RW ini.

‘’Kalau penentuan kemenangan untuk Kalpataru bukan di kami. Kami hanya melakukan pengumpulan data-data. Itulah namanya tim verifikasi dan validasi kegiatan yang dilakukan oleh beliau. Keberadaannya seperti apa, terus apa saja yang dilakukan itu kita sampaikan. Lalu dari dewan yang memutuskan beliau Pak Bambang Irianto ini layak mendapatkan Kalpataru atau tidak," jelasnya. Menurutnya Bambang Irianto merupakan salah satu nominator penerima penghargaan Kalpataru. Dirinya ditunjuk Dewan Pertimbangan Kalpataru untuk melakukan verifikasi dan validasi di lapangan.

‘’Kebetulan Jawa Timur ini ada dua nominasi yaitu dari Tulungagung dan Bapak Bambang Irianto untuk kategori Pembina lingkungan,’’ jelasnya.

Tim yang melakukan verifikasi dan validasi terdiri dua orang dan didampingi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Mereka tiba di Kampung Glintung sejak, Kamis (26/4) malam. Malam itu juga mereka keliling kampung melihat aktifitas masyarakat setempat. Bahkan Jumat pagi sebelum pemaparan, tim kembali keliling dari lorong ke lorong yang ada di kampung ini. Mereka juga melihat dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya Glintung go Green.

Salah satunya, melihat pedagang souvenir berupa kaus 3G. Bahkan di tempat ini, mereka memborong kaus 3G sebagai oleh-oleh ke Jakarta.

Sementara itu Bambang Irianto mengaku lomba atau penghargaan hanyalah merupakan penyemangat saja. Namun ia tetap akan melakukan pembinaan lingkungan tidak hanya di Glintung saja, tetapi di seluruh Indonesia.

‘’Kalpataru bukanlah suatu lomba, jadi tidak ada orang mendaftarkan. Tetapi warga negara yang memang mengabdi, yang menyelamatkan, yang membina di bidang lingkungan, kemudian negara memberikan penghargaan. Lomba ataupun penghargaan apapun bukan target, bukan tujuan, tetapi itu hanya sebagai semangat agar kita benar-benar terus berkelanjutan membangun, membina lingkungan. Jadi kalau kami nantinya benar terpilih syukur Alhamdulillah, kalau tidakpun, jadwal kami membina lingkungan di berbagai daerah masih sangat padat,’’ terang Bambang Irianto.(jon)

Source: Malang Post 

Artikel Terkait


Komentar