Membangun Lingkungan Ala 3G Cocok Diimplementasikan Untuk Sekolah

Jumat, 27 Januari 2017 – Nama Kampung Glintung Go Green (3G) kembali menarik perhatian salah satu sekolah yang ada di sudut Kota Malang. Sekolah menengah pertama yang ada di Arjosari ini, yaitu SMPN 16 Malang merasa tertarik dengan konsep yang diusung oleh Kampung 3G. Kedatangan kepala sekolah beserta guru ini bertujuan untuk meningkatkan tata kelola lingkungan berbasis gotong royong yang nantinya akan ditularkan kepada warga sekolah, khususnya siswa siswi SMPN 16.

Dengan didampingi Ketua RW 23, Ir. Bambang Irianto mereka menyusuri lorong-lorong kampung Glintung Go Green untuk melihat bagaimana bentuk penghijaun yang telah dilakukan oleh Kampung 3G. Mereka juga menyaksikan secara langsung salah satu program unggulan yang digalakkan oleh 3G yaitu Gerakan Menabung Air (Gemar), yang merupakan hasil kerjasama dengan Universitas Brawijaya. Melalui lorong konservasi air dimana mereka diajak untuk melihat berbagai bentuk biopori, parit resapan, dan sumur injeksi. Tak luput juga, mereka dibekali pengetahuan dan arahan bagaimana membuatnya dan apa saja manfaat dengan adanya kegiatan Gemar tersebut.

Antusiasme semakin terlihat ketika kepala sekolah ingin mengajak para siswa beramai-ramai datang untuk belajar di kampung 3G. “Glintung Go Green sangat luar biasa, karena meski sebatas kampung namun dapat menghasilkan inovasi baru dalam membangun kampungnya yang semula sangat buruk.”, tutur Dra. Mutmainah Amini, M.Pd yang menjabat sebagai Kepala Sekolah SMPN 16 Malang (DAATI).

 

Artikel Terkait


Komentar