Ketua RW Kampung 3G Jadi Pembicara Rakornas Kepala Daerah

 

MALANG – Kota Malang tak henti-hentinya mencatatkan tinta emas dalam bidang good governance. Wali Kota Malang H Mochamad Anton dan Ketua RW 23 Purwantoro Blimbing, Bambang Irianto mendapat kehormatan, bakal menjadi narasumber dalam Rakornas walikota-bupati se-Indonesia.
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menganggap konsep kampung Glintung Go Green (3G) inovasi penting bagi pengembangan masyarakat dan layak jadi percontohan nasional.
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soemarsono menyebut, kampung 3G dapat perhatian khusus karena kampung ini berbasis partisipasi warga dan layak jadi rujukan kepala daerah. “Pembangunan konsep kampung 3G ini berbasis partisipatif dan bisa jadi percontohan yang layak bagi daerah lain,” kata Soemarsono, usai menerima Ketua RW 23 Purwantoro Blimbing, Bambang Irianto di Kemendagri, Jumat kemarin.
Tim Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, berjanji akan mengunjungi kampung 3G untuk melihat perkembangan kampung yang ramah lingkungan dan melibatkan partisipasi warga, akademisi dan media Malang Post yang mensuport kampung 3G melalui gerakan menabung air dengan membangun sumur resapan dan program lingkungan lainnya.
Wali Kota Malang, Abah Anton mengapresiasi inovasi dari Bambang Irianto dalam menginspirasi tokoh sosial kemasyarakatan, komunitas, akademisi hingga tokoh pemerintahan, untuk membangun kampung 3G.
“Ini adalah karya besar yang patut diapresiasi secara positif. Ini adalah contoh pemberdayaan dan kepedulian warga terhadap lingkungannya. Semangat warga harus diapresiasi dan dipelihara,” ujar Abah Anton. Kampung 3G merupakan contoh nyata lingkungan yang baik mampu mengedukasi dan menumbuhkan potensi masyarakat.
Yakni, potensi sosial berupa kerukunan antar warga dan kepedulian kepada lingkungan. Serta potensi ekonomi, yakni hasil produk dari kampung itu berupa sayur mayur organik. Termasuk, pemberdayaan pariwisata kampung yang ditandai dengan dibangunnya homestay dengan kas RW mencapai Rp 1 miliar.
"Tentunya Kampung 3G ini adalah contoh nyata bagaimana ide dari masyarakat Kota Malang sangat inovatif dan diakui," imbuhnya.
Ketua RW 23 Purwantoro, Bambang Irianto mengakui, jika ia dan Abah Anton akan menjadi narasumber bagi seluruh kepala daerah se Indonesia. "Saya bersama Abah Anton akan menjadi narasumber dalam acara Rakornas walkota dan bupati se Indonesia," tukasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Wasto, menegaskan jika seorang Ketua RW menjadi narasumber bagi bupati dan walikota  se Indonesia  merupakan sejarah baru. "Wali Kota Malang Abah Anton dan Ketua RW jadi narasumber merupakan sejarah baru, sulit merumuskan kalimat atas prestasi membanggakan itu," kata Wasto.(fin/aim)

sumber: http://www.malang-post.com/news/kota-malang/ketua-rw-kampung-3g-jadi-pembicara-rakornas-kepala-daerah

Artikel Terkait


Komentar