Ketua RW 23 Nominator Peraih Kalpataru

MALANG - RW 23 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, kembali menorehkan prestasi. Setelah kerap mewakili kota pendidikan ini di tingkat nasional dan internasional, kini Ketua RW 23, Ir Bambang Irianto jadi salah satu dari empat nominator peraih Kalpataru.  
Ia masuk nominasi kategori Pembina Lingkungan.
“Tentu ini suatu prestasi, suatu kebanggaan bukan hanya saya pribadi, tapi segenap warga kampung Glintung go Green, termasuk kampung-kampung yang kami bina di berbagai pelosok tanah air,’’ kata Bambang Irianto kepada Malang Post.
Kepastian Bambang Irianto menjadi nominator ini setelah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan pengumuman 20 Nominasi Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2018.
Dalam pengumuman tersebut ada empat kategori. Yakni  Perintis Lingkungan sebanyak 6 nominator, Kategori Pengabdi Lingkungan sebanyak 4 nominator, Kategori Penyelamat Lingkungan sebanyak 6 orang dan Kategori Pembina Lingkungan sebanyak 4 nominator.
Tokoh-tokoh yang masuk dalam nominator Pembina Lingkungan yakni Masdar SPd, MM dari Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kegiatan yang dilakukannya penyuluhan dan bermitra dengan perusahaan untuk dijadikan tujuan ekowisata mangrove. Sedangkan keistimewaanya merubah daerah berlumpur menjadi hutan ekowisata mangrove.

Yang kedua, Dr Mochammad Indrawan MSc. Ia melakukan riset tentang konservasi biologi sejak tahun 1991. Dari data penelitiannya menghasilkan Desa Kokolombai, Sulawesi Tengah sebagai lokasi ekowisata bertaraf internasional.
Sedangkan nominator ketiga Maryani SPd dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan 3R bersama ibu-ibu di lingkungan RT 13.
‘’Dewan Pertimbangan Penghargaan Kalpataru  telah menyampaikan kepada publik hasil nominasi untuk mendapatkan masukan atau sanggahan atas calon penerima Penghargaan Kalpataru. Selama seminggu ini diberi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan sanggahan atau masukan,’’ kata Ir Bambang Irianto.
Setelah seminggu diberi waktu, rencananya Dewan Pertimbangan Penghargaan Kalpataru akan melakukan tinjauan langsung ke lapangan pada 24 April mendatang. Dalam tinjuan ke lapangan nanti, Bambang Irianto akan memaparkan proses dari awal hingga kini kampung yang sudah tersohor di tanah air ini.
Apalagi, Bambang Irianto juga melakukan pembinaan lingkungan tidak hanya di lingkungan Kelurahan Purwantoro saja tetapi juga di berbagai kota di Indonesia. Ia keliling Indonesia membina kampung-kampung kumuh menjadi kampung wisata.
Selain itu, kampung Glintung kini menjadi tujuan wisatawan berbagai kota. Bahkan kota lain banyak melajar dari kampung yang dulu terkenal dengan banjirnya ini. (source: Malang Post)

Artikel Terkait


Komentar