Delegasi Australia Sebut Kampung 3G Adalah Wujud Inspirasi Dari Ketahanan Kota

Delegasi Indonesia-Australia "Indonesia Australia Business Week 2017" Resiliant Cities secara eksklusif datang ke Kota Malang untuk berkunjung secara langsung disalah satu kampung yang sedang gencar namanya karena Gerakan Menabung Air yang dideklarasikannya, yaitu Kampung Glintung Go Green (08/03). Kunjungan ini sebagai tindak lanjut atas survey yang dilakukan beberapa waktu lalu yang menjadikan Glintung Go Green RW 23 pantas menyandang gelar sebagai bentuk percontohan ketahanan kota.

Pemutaran Film Dokumenter Balada Rimba Kota Di Hotel Tugu Malang

Acara dibuka dengan pemutaran film Balada Rimba Kota yang merupakan film dokumenter tentang bagaimana proses membangun Glintung Go Green yang digelar di hotel tugu malang. Antusiasme dan keseriusan sangat terlihat dari para delegasi dimana semua sorot mata tertuju pada film yang diputar. Kunjungan dilanjutkan ke Bank Sampah Malang yang terletak di Kecamatan Sukun. Kemudian sebagai tujuan utama dari kunjungan delegasi ini ke Kota Malang adalah untuk belajar tentang bagaimana cara melakukan pengelolaan air secara efektif di Kampung Glintung Go Green, tentunya dengan inovasi Gerakan Menabung Air.

DR.Erik dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menjelaskan tentang Sejarah Gerakan Menabung Air

Selain dengan indahnya lingkungan di Kampung 3G mereka sangat terkesan dengan pola pikir masyarakatnya yang sangat bagus dan bisa membangun kampungnya hingga apa yang sudah tercapai saat ini. Harapan mereka adalah supaya bisa menjadikan kampung ini lebih dikenal di dunia.

Ketua RW 23 dengan Warga berfoto dengan anggota Delegasi Australia

Ir. Bambang Irianto selaku Ketua RW 23 dan penggerak Kampung Glintung Go Green sangat berharap program yang dilaksanakan di Glintung Go Green (3G) ini dapat diaplikasikan dan dikembangkan di Australia dan bisa berkesempatan untuk berjumpa lagi disana.

Andrew sebagai translator dari Delegasi Australia memberi pendapat bahwa kampung 3G dapat menginspirasi, karena kepemimpinan Bapak Bambang Irianto hal ini menjadi mungkin, tidak hanya tegas tetapi mampu membimbing masyarakatnya dengan baik. Ini sebagai wujud dari strong leader.

Michael Clinton sebagai pimpinan Delegasi memberikan komentar tentang Kampung 3G

Tidak hanya itu, Michael Clinton dari Australian Trade and Investment Commission sebagai pimpinan rombongan delegasi berkata “Privileged to witness an inspiring model of community pride in action, powerfull proof of the power of passion and leadership to change lives”. Ini bukti bahwa masyarakat luar negeri sangat mengapresiasi Kampung 3G, dengan menjadikan gotong royong sebagai pondasi pembangunan. Kerja keras warga selama ini dengan suka duka yang di lalui menjadikan Kampung 3G berevolusi menjadi kampung yang mandiri dan memiliki inovasi.

 

Artikel Terkait


Komentar